Kebudayaan Indonesia

Kebudayaan

Budaya atau kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yaitu Buddhayah, yang merupakan bentuk jamak dari buddhi (budi atau akal) yang diartikan sebagai hal-hal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan di dalam bahasa Inggris disebut Culture, yang berasal dari kata Latin yaitu Colere yang artinya mengolah atau mengerjakan.
Jadi kebudayaan dapat didefinisikan sebagai suatu keseluruhan pengetahuan manusia sebagai makhluk sosial yang digunakan untuk memahami dan menginterpretasi lingkungan dan pengalamannya, serta menjadi pedoman tingkah lakunya.
Suatu kebudayaan merupakan milik bersama anggota suatu masyarakat atau suatu golongan sosial, yang penyebarannya kepada anggota lainnya dan pewarisannya kepada generasi berikutnya dilakukan melalui proses belajar dan dengan menggunakan simbol-simbol yang terwujud dalam bentuk yang terucapkan maupun yang tidak terucapkan. Jadi dengan demikian, setiap anggota masyarakat mempunyai pengetahuan mengenai kebudayaannya sendiri yang mungkin tidak sama dengan anggota masyarakat didaerah lainnya. Hal ini disebabkan oleh pengalaman dan proses belajar yang berbeda disetiap daerah dan karena lingkungan yang dihadapi tidak selamanya sama.
Keanekaragaman budaya yang terdapat di Indonesia merupakan suatu bukti bahwa Indonesia merupakan merupakan negara yang kaya akan budaya. Tidak bisa kita pungkiri, bahwa kebudayaan daerah merupakan faktor utama berdirinya kebudayaan yang lebih global, yang biasa kita sebut dengan kebudayaan nasional. Maka atas dasar itulah segala bentuk kebudayaan daerah akan sangat berpengaruh terhadap budaya nasional, begitu pula sebaliknya kebudayaan nasional yang bersumber dari kebudayaan daerah, akan sangat berpengaruh pula terhadap kebudayaan daerah atau kebudayaan lokal. 

Dari sekian banyak kebudayaan di Indonesia, berikut ini adalah macam-macam kebudayaan yang ada di Indonesia :
Tari Tradisional
Di berbagai daerah, terdapat kesenian berupa tari-tarian sebagai wujud ekspresi manusia terhadap berbagai hal. Misalnya terhadap perang, penyambutan tamu, atau rasa syukur saat panen tiba. Contoh macam-macam budaya tari adalah tari Saman dari Aceh, tari Pendet dari Bali, atau tari Lulo dari Sulawesi Tenggara.
Tari Saman dari Aceh
Tari Pendet dari Bali
Rumah Adat
Indonesia memiliki begitu banyak rumah adat dengan ciri khas masing-masing daerah. Macam-macam budaya rumah adat misalnya rumah Joglo dari Jawa, rumah Gadang dari Sumatera Barat, atau Tongkonan dari Sulawesi Selatan. Itu hanyalah sebagian contoh, dan masih banyak rumah-rumah adat yang lainnya di Indonesia yang digunakan sebagai tempat tinggal.
Rumah Gadang dari Sumatera Barat
Lagu Daerah
Lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname.  Lagu daerah atau musik daerah ini biasanya muncul dan dinyanyikan atau dimainkan pada tradisi-tradisi tertentu pada masing-masing daerah, misalnya pada saat pesta rakyat, hiburan rakyat, permainan anak-anak, perjuangan rakyat dan lain sebagainya. 
Alat Musik Tradisional
Lagu dan tarian tak akan lengkap tanpa musik. Di Indonesia, musik-musik daerah dimainkan oleh beragam alat musik yang memiliki suara indah. Contohnya adalah angklung yang terbuat dari bambu, gamelan yang dibuat dari besi, atau sasando yang merupakan alat musik petik dengan suara indah.
Alat musik Angklung
Senjata Tradisional
Senjata tradisional merupakan produk budaya yang lekat hubungannya dengan suatu masyarakat. Selain digunakan untuk berlindung dari serangan musuh, senjata tradisional juga digunakan dalam kegiatan berladang dan berburu. Lebih dari fungsinya, senjata tradisional kini menjadi identitas suatu bangsa yang turut memperkaya khazanah kebudayaan nusantara. 
Kujang, senjata tradisional dari Jawa Barat
Baju Adat
Pakaian merupakan salah satu teknologi ciptaan manusia yang berfungsi menutup atau melindungi tubuh. Setiap daerah di Indonesia punya pakaian adat yang memiliki keunikan sendiri-sendiri. Tak hanya pakaian itu sendiri, Indonesia memiliki beragam kain unik yang menjadi bahan utama pakaian. Misalnya kain batik atau kain songket, dan kain tersebut memiliki corak dan cara pembuatan yang berbeda-beda disetiap daerah di Indonesia.
Pakaian Adat Lampung
Pakaian Adat Bali
Selain itu masih banyak lagi bentuk kebudayaan yang berasal dari Indonesia, seperti upacara adat, makanan, legenda, dongeng, cerita rakyat dan lain sebagainya. Dengan adanya keanekaragaman kebudayaan yang ada di Indonesia ini maka kita harus bangga menjadi warga negara Indonesia dan turut serta menjaga kelestariannya, agar tidak ada lagi pengakuan dari negara lain terhadap kebudayaan milik bangsa Indonesia.

Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual