Dampak dari Digital Cinema bagi Masyarakat

Dampak dari Digital Cinema bagi Masyarakat

Peranan digital cinema dalam dunia perfilman begitu besar. dengan adanya teknologi digital cinema ini kita bisa melihat efek visual yang seakan-akan terlihat seperti aslinya. Dibalik kecanggihan ini terdapat dampak-dampak yang ditimbulkan dalam masyarakat baik positif maupun negatif.

Dampak positifnya antara lain: film dapat dijadikan sebagai media hiburan, biasanya kebanyakan dari kita menonton  film untuk mengisi waktu luang misalnya saat sedang menunggu dosen yang akan masuk atau saat sedang bosan. Film-film yang beredar saat ini tidak hanya berasal dari dalam negeri saja, melainkan dari luar negeri juga, munculnya film yang dari luar negeri ini dapat membantu kita dalam meningkatkan kemampuan bahasa asing.   Biasanya dari film-film ada, terdapat pesan moral atau amanat yang ingin disampaikan oleh pembuat film kepada penontonnya, baik dalam bidang agama, ekonomi, sosial, budaya dll. Ini merupakan salah satu dampak positif yang mudah diterima oleh masyarakat.



Dari beberapa dampak positif diatas, ternyata ada sisi negatifnya juga, yaitu:  bisa menyebabkan kecanduan. Ada banyak orang yang menjadi kecanduan menonton film, yang bisa disebabkan oleh beberapa faktor misalnya, karena alur ceritanya dan efek yang keren, film tersebut memiliki lebih dari satu chapter dll. Kecanduan film dapat menyebabkan dampak yang buruk bagi diri sendiri, terutama pada indera penglihatan. Dengan menonton film di depan komputer atau alat elektronik lainnya secara terus menerus kurang baik untuk indera penglihatan, apalagi jika ditambah dengan posisi yang kurang baik dan cahaya ruangan yang gelap, misalnya sambil tiduran. Selain itu juga, jika kita sudah kecanduan kita akan lebih memilih menghabiskan waktu sendirian di dalam kamar menonton film sehingga malas melakukan apapun, dan kurang bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Tidak hanya masalah kecanduan, tapi juga ada dampak lain seperti adegan-adegan yang seharusnya tidak ditiru, seperti kekerasan pada film-film action. Karena banyak anak-anak kecil yang senang saat adegan kekerasan terjadi, maksudnya saat superhero atau aktor/aktris andalannya berkelahi dengan lawannya.  



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual