DomiNations


DomiNations, sebuah game karya developer dari Rise of Nations, akhirnya rilis di iOS dan Android. Bagi kamu yang suka bermain game bergenre RTS di awal tahun 2000-an, pasti tahu Rise of Nations. Game yang dibuat oleh Big Huge Games tersebut meraih kejayaannya ketika rilis pada tahun 2003. Di Rise of Nations, kamu bisa bermain sebagai sebuah bangsa dari tujuh yang tersedia, dari zaman batu hingga masa penjelajahan luar angkasa. Begitu juga dengan DomiNations. Ada Inggris, Romawi, Tiongkok, Jerman, Perancis, Jepang, dan Yunani yang bisa kamu pilih dengan kelebihannya masing-masing.
Setelah lebih dari satu dekade berselang, akhirnya Big Huge Games kembali dengan DomiNations yang memiliki konsep kurang lebih sama dengan pendahulunya. Tentunya dengan perubahan sesuai platform mobile di mana tidak akan ada pertarungan masif dengan peta yang besar ataupun mode campaign. Di sini kamu akan bermain layaknya Clash of Clans, bertarung dengan pemain lain dengan gameplay strategi yang sedang marak.


Permainan diawali dengan tutorial. Kita akan dibimbing oleh seorang bapak tua yang mengajarkan tentang bagaimana cara membangun dan mengelola kota. Bagi yang sudah sering memainkan game strategi, pasti sudah terbiasa dengan sistem tata kota di DomiNations. Terdapat beberapa kategori bangunan seperti Economy, Army, Defense, dan Wonder. Di sini juga dijelaskan bahwa kita dapat meningkatkan status peradaban bangsa seperti di Age of Empires dan Rise of Nations, mulai dari Stone Age hingga Space Age. Setiap naik ke zaman berikutnya, akan terbuka bangunan dan fitur-fitur baru.


Ekonomi adalah hal yang penting. Di kategori bangunan Economy kita akan menemukan berbagai bangunan untuk meningkatkan sumber daya bangsa kita. Terdapat tiga sumber daya utama di DomiNations, yaitu gold, food, dan citizen. Gold dan food digunakan sebagai bahan untuk membuat bangunan, upgrade, dan membuat pasukan. Sedangkan citizen sangat krusial sebagai pekerja. Hampir semua kegiatan di game ini menggunakan mereka. Terdapat pula sebuah sumber daya tambahan, yaitu crown. Crown ini sangat langka dan hanya bisa didapatkan melalui penyelesaian misi atau IAP. Crown dapat digunakan untuk menyelesaikan segala sesuatu secara instan.
Sebagaimana game strategi di mobile, setiap kita membangun atau mengerjakan sesuatu membutuhkan waktu tertentu yang kadang cukup lama. Citizen ini sendiri jumlahnya sangat terbatas, sehingga terkadang kita tidak menemukan apa pun yang bisa dikerjakan karena semuanya sudah sibuk. Tentunya kita bisa menggunakan crown agar tugas mereka langsung selesai.
Untuk urusan grafis, DomiNations mengingatkan pada Rise of Nations. Untuk level mobile, grafis game ini cukup baik, terutama dengan desain bangunan yang indah dari berbagai budaya ternama di dunia. Akan tetapi dari segi detil pasukan masih bisa ditingkatkan lagi. Dari segi gameplay juga menarik, dengan berbagai fitur dan strategi yang terus-menerus bertambah seiring levelnya meningkat dan berbagai bangsa yang bisa dipilih.

www.id.techinasia.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual