FTP (FILE TRANSFER PROTOCOL)


FTP (File Transfer Protocol) merupakan protokol yang umum digunakan di dalam jaringan komputer untuk proses transfer file antarkomputer. Proses transfer file ini dapat berupa pengambilan file dari komputer server ke komputer penerima dan unggah file dari komputer pengguna ke komputer tujuan (server FTP). FTP menggunakan port 21 untuk melakukan koneksi di dalam jaringan komputer.
Protokol FTP sangat sederhana untuk digunakan, sebab hanya memerlukan autentikasi username dan password yang telah didaftarkan sebelumnya. Selain itu pengguna juga dapat langsung menggunakan layanan dari protokol FTP untuk transfer data tanpa perlu login. Pengguna cukup menggunakan autentikasi anonymous login, yang mana dalam hal ini sistem di FTP sudah diset untuk dapat digunakan oleh publik tanpa  adanya autentikasi username dan password yang spesifik ke setiap pengguna.

JENIS FTP
1. FTP server – menjalankan software yang digunakan untuk tukar menukar file, yang selalu siap memberian layanan FTP apabila mendapat request dari FTP client.
Fungsi FTP server adalah sebagai berikut :
  • Untuk men-sharing data.
  • Untuk menyediakan indirect atau implicit remote computer.
  • Untuk menyediakan tempat penyimpanan bagi user.
  • Untuk menyediakan transfer data yang reliable dan efisien.
2. FTP client – adalah komputer yang request koneksi ke FTP server untuk tujuan tukar-menukar file (upload dan download file)

CARA KERJA FTP

  • Mentransfer halaman file dari komputer Client ke situs web komputer hosting,
  • Digunakan oleh situs yang menyediakan fasilitas download file.
  • Untuk file intra-jaringan pada sistem jaringan komputer kecil.
  • Sebagian besar program termasuk web browser memiliki dukungan built-in untuk transfer data berbasis FTP.
FUNGSI FTP
Fungsi FTP yang utama adalah melakukan pertukaran file dalam jaringan. Melakukan transfer file antara komputer yang terhubung melalui jaringan, termasuk internet. Dalam bahasa teknis, FTP dikenal sebagai protokol jaringan yang memungkinkan transfer file antara komputer yang tersambung pada TCP/IP yang berbasis jaringan. Hal ini mencangkup serangkaian peraturan dan prosedur untuk transfer data digital yang aman. FTP juga berfungsi untuk mempermudah dalam pembagian file-file., mempercepat secara tidak langsung atau implicyt menggunakan komputer remote, melindungi user dari berbagai file storage system antar host.
Fungsi FTP Server adalah menjalankan perangkat lunak yang digunakan untuk pertukaran file (File Exchange), yang selalu siap memberikan layanan FTP apabila mendapatkan request atau permintaan dari FTP Client. FTP Client adalah komputer yang meminta koneksi ke FTP Server untuk tujuan tukar menukar file (Upload dan Download File).

Referensi:
I Putu Agus. 2014. Handbook Jaringan Komputer. Bandung: Informatika Bandung.
Admin. 2011. All About FTP. Diambil dari: http://www.jaringankomputer.org. (16 Maret 2016)

Eko. 2015. Fungsi FTP. Diambil dari: http://www.fungsiklopedia.com. (16 Maret 2016)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual