Menganalisa Website Provinsi Bali menggunakan dua tools

MENGANALISA WEBSITE MENGGUNAKAN ALEXA RANK DAN SEMRUSH

Menganalisa web menggunakan Alexa Rank
Alexa Rank merupakan suatu sistem peringkat yang berdasar kepada skema peringkat dari traffic dalam setiap website untuk menerima dari jumlah orang yang mengunjungi situs web tersebut. Peringkat traffic pengunjung website alexa didasarkan pada traffic aggregat historis selama tiga bulan dari jutaan lebih pengguna dan merupakan gabungan pageviews (penayangan laman web) dan reach (pencarian mengenai web).
Berikut ini merupakan hasil analisis Alexa Rank pada website http://www.baliprov.go.id

Pada gambar diatas menjelaskan bahwa data popularitas dari website http://www.baliprov.go.id. Peringkatnya diperhitungkan dengan menggunakan kombinasi dari rata-rata pengunjung per hari, dan pageviews selama tiga bulan ke belakang, website yang memiliki kombinasi jumlah pengunjung dan pageviews tertinggi akan diberi peringkat Global Rank #1. Pada website http://www.baliprov.go.id saat ini memiliki peringkat global 239,404 yang artinya peringkat dunia dari semua website, dan memiliki peringkat 4,161 di Indonesia. 

Selanjutnya terdapat bounce ratenya dengan persentase 52.80%, bounce rate yaitu suatu nilai dalam persentase yaitu jumlah pengunjung yang langsung meninggalkan blog / website anda setelah membuka sebuah halaman. Lalu disamping kanan terdapat daily pageviews per visitor dengan angka 2.00% dengan maksud bahwa rata rata visitor tiap harinya. Kemudian daily time on sitenya 2:44 adalah waktu lama pengunjung tiap harinya mengunjungi website tersebut.
Kemudian pada gambar diatas menjelaskan bahwa sebagian besar pengunjung http://www.baliprov.go.id sekitar 93,5% berasal dari indonesia. dan memiliki peringkat 4,161 dari website-website lainnya di Indonesia.

Data pada gambar diatas merupakan hasil analisis terhadap website http://www.baliprov.go.id  kini di setiap harinya di dunia yang telah mencari di berbagai search engine dengan keyword yang paling sering digunakan dalam pencarian web tersebut. Dalam website tersebut memiliki persentase 38,90%.
Pada gambar diatas adalah data jumlah website lain yang me link ke website tersebut. Jika ada beberapa link ke website yang sama maka hanya akan dihitung satu kali. Website  http://www.baliprov.go.id memiliki total 407 link yang tercantum pada website lainnya.

Data analisis tersebut merupakan persentase banyaknya pengunjung yang mengunjungi domain ataupun subdomain dari website http://www.baliprov.go.id .

Maksud gambar diatas akan menampilkan pengunjung dari website dilihat dari 3 sisi yaitu :
ü  Gender, Melihat dari jenis kelamin yang mengunjung sebuah situs, terdiri dari laki – laki dan perempuan
ü  Education, Melihat dari segi pendidikan yang mengunjungi situs ini
ü  Browsing Location, Menampilkan lokasi tempat mengakses situs ini, locasi tersebut sendiri berada pada Rumah, Sekolah, dan tempat pekerjaan.

  
Menganalisa web menggunakan Semrush


Pada gambar diatas bisa kita lihat organic search, paid search dan backlinks. Pada backlinks terdapat 1.2K backlinks yang mengarah pada website resmi Provinsi Bali.


Lalu disini terdapat berbagai backlink yang mengarah ke website tersebut secara detail beserta Anchor text Backlink yang dibuat untuk menghubungkan ke website tersebut.

Lalu diatas terdapat IP addres dari backlink-backlink. Terdapat 5 IP yaitu 3 berasal dari Indonesia, 1 berasal dari United State, dan 1 berasal dari China.


gambar diatas ini terdapat secara detail backlink dengan anchor text, external dan internal links , pertama kali dilihat dan terakhir dilihat dari masing-masing website yang menaruh backlink website http://www.baliprov.go.id.

sumber:
http://www.semrush.com
http://www.alexa.com
http://www.baliprov.go.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual