Pengantar Teknologi Game (Tugas 1)
Teknologi Game
Pada umumnya, game merupakan permainan yang menggunakan interaksi antara manusia dan komputer dengan peran tara interface melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Pada umumnya, game merupakan permainan yang menggunakan interaksi antara manusia dan komputer dengan peran tara interface melalui gambar yang dihasilkan oleh piranti video.
Teknologi Game adalah sebuah sarana
(teknologi) yang dibutuhkan dan diperlukan dalam memainkan sebuah permaian
bahkan dalam pembuatan sebuah permainan yang menggunakan komputer.
5 teknologi baru untuk masa depan
gaming:
1.
Virtual
Reality (VR) Technology
VR gaming memungkinkan Anda untuk menikmati pengalaman
terlibat dan berinteraksi dalam lingkungan yang ada dalam game. Beberapa sumber
bahkan menyatakan virtual reality merupakan lini paling di bidik oleh para
investor. Beberapa perusahaan raksasa seperti Facebook, Google dan Intel telah
memulai investasi ini. Tahun 2018, penjualan produk virtual reality
diperkirakan akan mencapai $5.2 juta.
2.
Motion
sensor & Neuro-gaming Technology
Motion sensor atau sensor gerakan
memang sudah muncul sejak beberapa tahun terakhir. Sensor elektronik ini akan
mendeteksi gerakan Anda dan mengintegrasikannya dengan perangkat dan lingkungan
sekitarnya. Sistem akan secara otomatis melakukan tugas atau peringatan
tertentu.
3.
Cloud-based
Services & Big Data Technology
Teknologi komputer berbasis sistem
Cloud telah menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data
besar. Khususnya dalam industry gaming, game-game akan semakin menakjubkan pada
tahun ini dengan kombinasi console yang ditenagai oleh cloud based.
4.
5G
Network & Tournament Online Streaming
Baik gaming online maupun offline,
download super cepat begitu didambakan. Belum lama ini, Google melakukan tes 5G
menggunakan drone dengan projek rahasianya bernama SykBender. Jaringan 5G di
harapkan dapat 40 kali lebih cepat dari kecepatan maksimum jaringan 4G/LTE yang
ada saat ini.
5.
Cross-platform
Integration
Berbagai perusahaan sedang mencari cara
agar perangkat-perangkat yang ada sekarang dapat berkomunikasi satu sama lain.
Trend ini disebut dengan Cross-platform Integration. Dengan sistem operasi
terbaru dari Microsoft, Window 10, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat
dalam jaringan yang sama untuk streaming game yang sama. Kehadiran Windows 10
diharapkan dapat membawa cross platform gaming semakin nyata.
Bisnis dalam game
komputer
Di
era teknologi canggih saat ini, perkembangan game sekarang sangat pesat
sehingga tidak salah game dapat masuk kedalam dunia bisnis, bahkan bisa menjadi
bisnis yang menjanjikan. Para development game berlomba-lomba membuat game yang
menarik untuk para pecinta game sehingga membuat game mereka terkenal.
Beberapa
game yang dibuat oleh development game membuat game mereka secara berbayar,
diantaranya gamer dapat membeli sebuah item dalam game tersebut menggunakan
voucher berbayar (payment) contohnya adalah Dota 2 adalah sebuah permainan
multiplayer online battle arena yang dikembangkan oleh Valve
Corporation.
Cara
lain, gamer membutuhkan key/license untuk memainkan game tersebut. Contoh
gamenya adalah CSGO (Counter Strike: Global Offensive) yang dikembangkan oleh
Valve Corporation dan Hidden Path Entertainment. Untuk memainkan game CSGO kita
harus membeli license game tersebut sebesar Rp.115.999,- yang dapat dibeli di
Steam Store.
Bisnis
game yang sangat berkembang saat ini yaitu :
1.
Game Computer, yaitu permainan yang
dimainkan di Personal Computer (PC) atau Laptop.
2.
Game Handphone/Smartphone, yaitu permainan
yang dimainkan di Handphone / Smartphone (Mobile).
3.
Game Portable, yang dimainkan melalui suatu
alat tertentu seperti misalnya Playstation, Nintendo, dan lain sebagainya.
3D
Engine dan Scene Graph
3D Engine menurut saya merupakan
suatu mesin / alat yang menyediakan fasilitas real time 3D rendering dalam
sebuah game. Sedangkan Scene Graph merupakan sebuah adegan grafik yang biasa
digunakan oleh aplikasi grafis editing berbasis vektor dan permainan komputer
modern.
Beberapa contoh mesin untuk membuat
suatu desain grafik dalam sebuah game antara lain : Ogre3D, Processing,
GameMaker, Unity3D, Acrobat 3D, Adobe Illustrator, AutoCAD, CorelDRAW,
OpenSceneGraph, OpenSG, VRML 97, X3D, Hoops, Open Inventor dan masih banyak
lagi.
Beberapa
contoh aplikasi untuk membuat game 3D :
Ogre (Object-Oriented
Graphics Rendering Engine)
adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D.
adalah sebuah adegan yang berorientasi, fleksibel mesin render 3D (sebagai lawan dari mesin permainan) ditulis dalam C + + dirancang untuk membuatnya lebih mudah dan intuitif bagi developer untuk menghasilkan aplikasi dengan menggunakan hardware-accelerated grafis 3D.
Processing
Merupakan
bahasa pemrograman dan lingkungan pemrograman (development environment) open
source untuk memprogram gambar, animasi dan interaksi. Digunakan oleh pelajar,
seniman, desainer, peneliti, dan hobbyist untuk belajar, membuat prototipe, dan
produksi. Processing digunakan untuk mengajarkan dasar-dasar pemrograman
komputer dalam konteks rupa dan berfungsi sebagai buku sketsa perangkat lunak
(software) dan tool produksi profesional. Processing adalah suatu projek
terbuka yang diinisiasi oleh Ben Fray dan Casey Reas. Berkembang dari ide-ide
yang dieksplorasi di Aesthetics and Computation Group (ACG) di MIT Media Lab.
Merupakan software
yang bisa membantu anda menjadi pengembang game komputer tanpa menggunakan
coding sedikitpun. Bahkan anda bisa membuat game 3 Dimensi dan MultiPlayer jika
anda mau. Anda mempunyai hak penuh dari software (game) yang anda buat termasuk
menjual game tersebut !!!. Jika masih kurang anda bahkan bisa mendownload
musik, efek suara, gambar, script, background dsb.
Merupakan sebuah
game engine yang berbasis cross-platform. Unity dapat digunakan untuk membuat
sebuah game yang bisa digunakan pada perangkat komputer, ponsel pintar android,
iPhone, PS3, dan bahkan X-BOX.
Unity
adalah sebuah sebuah tool yang terintegrasi untuk membuat game, arsitektur
bangunan dan simulasi. Unity bisa untuk games PC dan games Online. Untuk games
Online diperlukan sebuah plugin, yaitu Unity Web Player, sama halnya dengan
Flash Player pada Browser.
Desain Skenario, Script dan Storyboard Game Komputer
Desain Skenario
Terdiri
dari dua kata yaitu Desain dan Skenario dimana arti kata Desain bisa diartikan
sebagai sebuah rancangan dari apa yang akan dibuat dan Skenario yang dapat
diartikan sebagai penyampaian cerita atau gagasan. Sehingga dapat kita artikan
Disain Skenario adalah sebuah rancangan yang mewakili sebuah
cerita/gagasan/alur dalam suatu game.
Skrip
merupakan
bahasa pemrograman yang menyediakan fasilitas penerjemahan serta kompilasi kode
dalam satu rangkaian proses secara integratif sehingga memungkinkan kode dibuat
dapat langsung dijalankan sebagai program secara dinamis. Skrip atau kode
program yang akan dijalankan umumnya akan diterjemahkan terlebih dulu dari kode
sumber ke dalam P-Code, sebagai tambahan, beberapa bahasa skrip bahkan telah
menyediakan kompiler JIT terintegrasi yang akan mengevaluasi serta
menerjemahkan bagian-bagian kritis atas P-Code tersebut menjadi kode mesin
sehingga menghasilkan eksekusi proses yang lebih cepat hingga secara relatif
bisa menandingi program yang ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman
kompilatif seperti C.
Storyboard
adalah
sketsa gambar yang disusun berurutan sesuai dengan naskah, dengan storyboard
kita dapat menyampaikan ide cerita kita kepada orang lain dengan lebih mudah,
karena kita dapat menggiring khayalan seseorang mengikuti gambar-gambar yang
tersaji, sehingga menghasilkan persepsi yang sama pada ide cerita kita.
Artificial Intelligent pada Game
“Kecerdasan buatan (artificial intelligence) merupakan kawasan penelitian, aplikasi dan instruksi yang terkait dengan pemrograman komputer untuk melakukan sesuatu hal yang -dalam pandangan manusia adalah- cerdas” (H. A. Simon [1987] ).
Perkembangan
game saat ini tidak lepas dari kecerdasan buatan (artificiall intelligence).
Kecerdasan buatan merupakan salah satu bagian dari ilmu komputer yang membuat
mesin (komputer) dapat melakukan pekerjaan seperti manusia dan komputer
dimungkinkan untuk dapat berfikir.
Faham
Pemikiran:
Secara
garis besar, AI terbagi ke dalam dua faham pemikiran yaitu AI Konvensional dan
Kecerdasan Komputasional (CI, Computational Intelligence). AI konvensional
kebanyakan melibatkan metoda-metoda yang sekarang diklasifiksikan sebagai
pembelajaran mesin, yang ditandai dengan formalisme dan analisis statistik.
Dikenal juga sebagai AI simbolis, AI logis, AI murni dan AI cara lama (GOFAI,
Good Old Fashioned Artificial Intelligence).
Metode-metode
pokoknya meliputi:
Jaringan
Syaraf: sistem dengan kemampuan pengenalan pola yang sangat kuat
Sistem
Fuzzy: teknik-teknik untuk pertimbangan di bawah ketidakpastian, telah
digunakan secara meluas dalam industri modern dan sistem kendali produk
konsumen.
Komputasi
Evolusioner: menerapkan konsep-konsep yang terinspirasi secara biologis seperti
populasi, mutasi dan “survival of the fittest” untuk menghasilkan pemecahan
masalah yang lebih baik.
Tujuan Kecerdasan Buatan
:
·
Membuat komputer lebih cerdas
·
Membuat mesin lebih berguna
Decision Making
Decision
Making adalah serangkaian algoritma yang dirancang dengan memasukan beberapa
kemungkinan langkah yang bisa diambil oleh suatu aplikasi, Pada game ini
decision making memberikan kemampuan suatu karakter untuk menentukan langkah
apa yang akan diambil. Decision making dilakukan dengan cara menentukan satu
pilihan dari list yang sudah dibuat pada algoritma yang dirancang. Algoritma
decision making kerap digunakan dalam aplikasi game, akan tetapi algoritma
decision making dapat diimplementasikan pada banyak aplikasi lain.
Decision
Making terbagi menjadi 3 :
1.
Decision Tree
Pohon Keputusan (Decision Tree) merupakan metode klasifikasi dan prediksi yang
sangat kuat dan terkenal. Metode pohon keputusan mengubah fakta yang sangat
besar menjadi pohon keputusan yang merepresentasikan aturan.
2.
State Machine
Finite State Machines (FSM) adalah sebuah metodologi perancangan sistem kontrol
yang menggambarkan tingkah laku atau prinsip kerja sistem dengan menggunakan
tiga hal berikut: State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi).
3.
Rule System
Rule Based System merupakan metode pengambilan keputusan berdasarkan pada
aturan-aturan tertentu yang telah ditetapkan.
Algoritma PathFinding
Algoritma yang digunakan untuk pencarian jalur. Algoritma ini dapat digunakan
untuk mencapai tempat tujuan dari tempat awal. Salah satu algoritma path
finding adalah algoritma A*.
Waypoint
adalah titik acuan / kumpulan koordinat yang digunakan untuk keperluan navigasi
untuk mengidentifikasi sebuah titik di peta. (Wikipedia).
Pencarian
jalur merupakan salah satu implementasi kecerdasan buatan dalam permainan.
Pencarian jalur terpendek merupakan hal yang mempengaruhi pergerakan dan
pengambilan keputusan pada non-player character. Namun, jalur terpendek belum
tentu dan tidak selalu menjadi jalur paling aman. Dalam permainan berbasis
militer, karakter dituntut untuk bergerak secara taktis dalam menghadapi
ancaman. Agen yang bergerak secara taktis dalam pencarian jalur tidak hanya
mencari jalur terpendek, namun harus mempertimbangkan ancaman karena
pertimbangan hit points, demi meningkatkan kesan nyata pada permainan.
Tactical
Pathfinding merupakan salah satu algoritma pencarian jalur yang dapat melakukan
pencarian jalur terpendek dengan perhitungan bobot ancaman. Implementasi
algoritma tactical pathfinding dapat memberikan gerakan taktis pada non-player
character. Algoritma tactical pathfinding dilakukan berdasarkan algoritma
pencarian jalur berdasarkan A* ditambah perhitungan bobot.
Implementasi
algoritma dilakukan dengan melakukan simulasi pada peta permainan 3D berbasis
navigation mesh. Representasi peta permainan 3D menggunakan navigation mesh
karena dalam beberapa tahun terakhir, navigation mesh menjadi pilihan utama.
Arsitekur Game Engine
Game engine merupakan sistem yang dibuat dan dirancang
untuk menciptakan dan mengembangkan video game. Tipe-tipe game engine:
1) Roll Your Own Game Engine
Tipe game engine ini banyak disukai karena gratis, dan
juga mengizinkan pada developer untuk mengintegrasikan komponen yang dinginkan
untuk dibuat menjadi game engine mereka sendiri.
2) Mostly Ready Game Engine
Pada game engine ini sudah menyediakan semuanya begitu
diberikan kepada developer/programmer.
3) Point and Click Engine
Engine ini merupakan engine yang sangat dibatasi tetapi
dibuat secara user friendly. Bahkan anda dapat membuat game sendiri dengan
menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder, dan Unity3D.
Sumber:
Dinan. “Tugas 1 Pengantar Teknologi Game”. 22 Maret
2016.
http://dinandwinanto.blogspot.co.id/
Helen. “5 Teknologi Baru untuk Masa Depan Gaming”. 11
Maret 2016.
http://www.pemmzchannel.com/
Indah, Febriana. “Tugas Pengantar Teknologi 1”. 01
Maret 2016.
http://febrianaindahsetiowati.blogspot.co.id/
Komentar
Posting Komentar