Konfigurasi Proxy Server pada Ubuntu 14.04

PROXY SERVER

Pengertian dan definisi Proxy Server. Proxy server adalah sebuah server atau program komputer yang berperan sebagai penghubung antara suatu komputer dengan jaringan internet. Atau dalam kata lain, Proxy server adalah suatu jaringan yang menjadi perantara antara jaringan lokal dan jaringan internet. Proxy server dapat berupa suatu sistem komputer ataupun sebuah aplikasi yang bertugas menjadi gateway atau pintu masuk yang menghubungkan komputer kita dengan jaringan luar.
Cara kerja proxy server sebenarnya sangat sederhana. Ketika seorang pengguna layanan proxy meminta berkas, files, sambungan atau sumberdaya dari public server, maka proxy server meneruskannya ke internet seolah-olah proxy tersebut yang meminta. Dan ketika proxy server mendapatkan apa yang di minta pengguna, dia memberikan respon kepada pengguna seolah-olah dia adalah public server (internet). Dengan menggunakan proxy, maka identitas komputer menjadi tersembunyi. Proxy ini pada umumnya digunakan untuk kegiatan menyembunyikan identitas atau untuk menghindari pemblokiran akses ke suatu server.

FUNGSI TEKNIS DARI PROXY SERVER
Apabila dijabarkan dari sisi fungsionalitasnya, secara teknis proxy server memiliki tiga buah fungsi teknis utama. Berikut ini adalah ketiga fungsi teknis utama dari sebuah proxy server:
  1. Fungsi Connection Sharing
Fungsi connection sharing merupakan fungsi teknis dari sebuah proxy server, yang menempatkan sebuah proxy server menjadi sebuah gateaway, dimana dapat membatasi antara penggunaan jaringan local dan juga jaringan luar. Dengan adanya fungsi ini, maka dapat dimungkinkan untuk melakukan koneksi dari jaringan local ke dalam jaringan internet dengan menggunakan sambungan gateaway tersebut secara bersamaan. Inilah yang disebut sebagai connection sharing dalam fungsi teknis sebuah proxy server.
  1. Fungsi Filtering
Fungsi teknis kedua dari proxy server adalah sebagai media filtering pada sebuah jaringan internet. Fungsi ini juga sering dikenal dengan istilah firewall, dimana setiap paket data yang ditransmisikan akan difilter dan discan, sehingga dapat mengurangi kegagalan, dan juga dapat membantu melindungi jaringan local dari serangan dan juga gangguan yang tidak diinginkan dari jaringan internet atau jaringan luar.
Fungsi filtering ini juga dapat mencegah agar komputer tidak teserang virus dan juga malware, yang dapat merugikan user komputer. Kelebihan dari fungsi filtering pada proxy server ini adalah dapat dilakukan konfigurasi untuk melakukan manajemen situs mana saja yang ingin dilakukan filtering, dan situs apa saja yang dapat ditolak oleh akses jaringan komputer kita.
  1. Fungsi Caching
Caching merupakan proses penyimpanan objek dan data yang sudah pernah direquest oleh user ketika melakukan browsing dan melakukan koneksi internet pada aplikasi-aplikasi internet. Contohnya adalah, ketika kita membuka sebuah website, maka gambar dan juga objek di dalam website tersebut akan disimpan dalam bentuk cache.
Dengan adanya proxy server, maka proses caching akan lebih mudah untuk dilakukan, dimana setiap data dan juga objek yang sudah pernah diakses dan direquest sebelumnya akan disimpan ke dalam sebuah proxy server.
Itu adalah sekilas gambaran mengenai fungsi utama dari sebuah proxy server, apabila dari sisi teknis jaringannya. Kebanyakan proxy server dimanfaatkan dalam sebuah koneksi internet, yang menggunakan protocol jaringan TCP / IP.

MANFAAT DARI PROXY SERVER BAGI USER
Bagi para user, yang melakukan koneksi terhadap jaringan internet, adanya proxy server ini tentu sangatlah membantu dan memberikan beberapa manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari penggunaan proxy server bagi usernya:
  1. Dapat mengurangi penggunaan bandwidth dari koneksi internet user
  2. Meningkatkan kinerja dari jaringan internet
  3. Melakukan pemblokiran terhadap situs tertentu
  4. Keamanan jaringan yang lebih baik dan juga terjaga
  5. Pengaksesan situs yang sudah pernah dibuka sebelumnya menjadi lebih cepat

SQUID
Squid adalah software publik domain berbasis UNIX. fungsi dari squid adalah meng-‘cache’ atau menyimpan data yang diminta oleh pengguna (komputer client) biasanya berupa web pages dan FTP. Platform UNIX yang di support oleh Squid adalah FreeBSD, BSDI, Digital Unix, Irix, Linux, Solaris dan SunOs. Tidak semua data bisa di cache oleh Squid, data-data yang bersifat dinamik seperti CGI-BIN tidak di cache oleh Squid, jadi tiap kali ada permintaan CGI-BIN, maka Squid akan menghubungi langsung server tujuan. Saat ini protokol yang bisa dilayani oleh Squid adalah HTTP, FTP, Gopher, dan Wais.

INSTALASI
  1. Install terlebih dahulu paket untuk proxy server yaitu squid3.
root@server:~# apt-get install squid3

KONFIGURASI
  1. Buka file /etc/squid3/squid.conf, setalah itu cari dan edit berikut dan hilangkan tanda # agar menjadi enabled. Cari baris berikut dengan menggunakan kombinasi tombol Ctrl+W.
root@server:~# nano /etc/squid3/squd.conf

  1. Kemudian cari tulisan acl_CONNECT dan tambahkan script tepat dibawahnya.

  1. Cari tulisan http_access deny all dan tambahkan tanda # pada awal kedua baris tersebut. Kemudian simpan dengan menekan tombol Ctrl+X kemudian tekan y.
# http_access deny all
  1. Langkah ini bersifat opsional dan bisa dilewati, namun apablila ingin mengubah tampilan default laman squid yang begitu-begitu saja, bisa diubah sesuai kebutuhan kita.
root@server~# cd /usr/share/squid3/errors/English 
Dalam direktori tersebut terdapat banyak sekali file-file laman error squid. Semua file laman error tersebut menggunakan pemrogaman html. Disini kita hanya mengubah laman web yang diblokir dan dns-unresolveable.
root@server:/usr/share/squid3/errors/English# nano ERR_ACCESS_DENIED
root@server:/usr/share/squid3/errors/English# nano ERR_DNS_FAIL
  1. Buat dua buah file untuk daftar situs-situs atau kata yang akan diblokir di dalam direktori /etc/squid3 dengan nama url yang berisi alamat situs yang diblokir dan key yang berisi kata kunci yang diblokir.
root@server:~# nano /etc/squid3/url
www.facebook.com
www.youtube.com
root@server:~# nano /etc/squid3/key
porn
xxx
drugs
  1. Cek konfigurasi apakah sudah benar atau masih ada yang salah dan juga untuk membuat swap dengan mengetikkan perintah squid -z.

  1. Sedikit konfigurasi IPTables untuk redirect port 80 (HTTP) ke port 3128 (proxy). Supaya squid menjadi transparent kita perlu membelokkan semua akses dari client yang menuju port 80 (http) menuju port squid (3128) dengan mengunakan IPTables, dengan menggunakan perintah sebagai berikut:
root@server:~# iptables -t nat -A PREROUTING -s 192.168.14.0/24 -p tcp --dport 80 -j REDIRECT --to-port 3128
root@server:~# iptables-save > /etc/iptables
Keterangan perintah : 
–A PREROUTING : untuk melakukan NAT paket data yang memasuki firewall
–p tcp : koneksi menggunakan protokol TCP
–s 192.168.14.0/24 : aturan iptables hanya akan diterapkan untuk koneksi yang berasal dari 
–dport 80 : port yang akan dikenakan aturan iptables (destination port) 
–j REDIRECT : aturan yang akan digunakan yaitu REDIRECT
–to-port 3128 : port tujuan dari aturan redirect, yaitu port squid

PENGUJIAN
Pengujian kita lakukan pada sisi client windows. Proxy Server tersebut akan menjadi transparent jika ada koneksi ke Internet. Namun jika digunakan dalam lingkup Local Area Network, yang tidak terkoneksi Internet, maka kita harus menkonfigurasi manual proxy pada sisi client terlebih dahulu. jika ingin tetap kelihatan Transparent, walau di jaringan local. Anda bisa menggunakan Ip Address Alias, dan dikombinasikan dengan Virtual Domain.

Berikut ini adalah cara konfigurasi manual proxy di internet explorer
  1. Buka Browser IE → klik Tools → klik Internet Options.

  1. Muncul jendela Internet Options, klik tab connections → klik LAN Settings.

  1. Muncul jendela Local Area Network (LAN) Settings, pada bagian Proxy Server beri centang pada checkbox “use proxy server for...” → klik Advanced → pada bagian servers di kolom HTTP diisi alamat ip proxy server (192.168.6.2) dan port 3128 → klik Ok.

  1. Pada address bar browser IE isikan alamat url atau keyword yang diblokir, sehingga muncul laman seperti berikut.

  1. Kemudian coba untuk url yang tidak diblokir.


Referensi :
https://hamdiazi.com
https://dosenit.com
http://afifxitkj208.blogspot.co.id


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual