Tugas 1 Permrograman Jaringan


getIP
Blok program berikut ini adalah sebuah program java untuk menampilkan IP address dari suatu computer
Listing Program: 
Logika Program:
Baris kode import java.net berfungsi untuk mengimport package java yang berisi tentang networking atau jaringan. pertama-tama akan memberikan nilai awal kepada object InetAddress host bernilai null. Selanjutnya, host diberikan nilai menggunakan fungsi InetAddress.getLocallHost(). Fungsi tersebut digunakan untuk memberikan ip localhost (127.0.0.1) apabila tidak ada jaringan internet yang terhubung dengan PC. Apabila ada jaringan internet yang terhubung, maka IP tersebutlah yang akan diberikan kepada variabel host. Kemudian pemberian nilai kepada variabel byte ip[] (“variabel array dengan type byte”) dengan fungsi host.getAddress(). Fungsi tersebut merupakan pemberian address untuk variabel ip[] dari variabel host yang sebelumnya telah diberikan menggunakan fungsi InetAddress.getLocalHost(). Selanjutnya melakukan perulangan for untuk mencetak IP addressnya.
Output Program:


getName
Blok program berikut berfungsi untuk mendapatkan nama host dari suatu computer.
Listing Program: 
Logika Program:
Program pertama-tama akan memberikan nilai awal null kepada variabel host. Kemudian host diberikan nilai dengan fungsi InetAddress.getLocalHost(). Selanjutnya pencetakan nilai String (“Nama komputer Anda: “) dan diikuti dengan pencetakan nama Host PC.
Output Program:


IPtoName
Program ini digunakan untuk mengetahui suatu host dari sebuah IP yang kita inputkan pada program.
Listing Program: 
Logika Program:
Program diatas digunakan untuk melihat nama dari sebuah IP yang dimasukan. Ketika IP yang diinputkan bernilai 0, maka program akan mencetak “Pemakaian: java IPtoName”. Jika format IP yang dimasukan pada program salah, maka program akan mencetak “invalid IP – malformed IP”. Jika suatu IP yang dimasukan benar, maka program akan mencetak nama dari IP tersebut.
Output Program:


NSLookUp
Program ini digunakan untuk mengetahui IP dari sebuah host.
Listing Program: 
Logika Program: 
Program diatas digunakan untuk melihat IP dari suatu host yang dimasukan. Ketika Host yang diinputkan bernilai 0, maka program akan mencetak “Pemakaian: java NsLookup ”. Jika format nama host yang dimasukan pada program salah, maka program akan mencetak “Unknown host”. Jika suatu Host yang dimasukan benar, maka program akan mencetak IP dari host yang diinputkan tersebut.
Output Program:


Program Client-Server TCP
Program ini merupakan implementasi TCP pada sebuah aplikasi client-server. Ciri-ciri implementasi TCP pada aplikasi client-server yaitu adanya reply dari server ketika suatu client melakukan request, contoh dari implementasi program ini yaitu aplikasi chating. Implementasi program Client-Server TCP ini harus dijalankan pada PC yang sama dan sisi server harus dijalankan terlebih dahulu sebelum sisi client dijalankan.
Listing Program Server side: 
Logika Program:
Program ini berfungsi sebagai server. Untuk bisa menggunakan method yang berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import terlebih dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada aplikasi ini juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka untuk menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka package java.io.* di-import terlebih dahulu. Aplikasi ini di-compile terlebih dahulu.
Kemudian akan menunggu pesan dan koneksi dari program client. Jika client berhasil mengirimkan pesannya, kemudian server akan mencetak pesan, lalu server akan langsung menutup koneksi dan program akan berhenti. Pesan yang akan dicetak adalah kata kunci “salam” yang disimpan pada variabel “line”, jika pesan yang dikirim sesuai, maka program pada client akan mencetak “salam juga”, tetapi jika tidak sesuai maka program pada client akan mencetak “Maaf, saya tidak mengerti”

Listing Program Client side: 
Logika Program:
Program ini berfungsi sebagai client. Untuk bisa menggunakan method yang berhubungan dengan jaringan (network), maka library untuk network di-import terlebih dahulu dengan menggunakan perintah import java.net.*. Pada aplikasi ini juga terdapat perintah untuk meminta masukkan dari user, maka untuk menggunakan perintah yang berhubungan dengan input-output, maka package java.io.* di-import terlebih dahulu.
Aplikasi ini di-compile setelah server dan pastikan server sedang berjalan. Program ini akan meminta kata kunci yang telah ditetapkan pada program client. Kemudia akan mencetak “Dari server :” diikuti dengan “salam juga” maupun “Maaf, saya tidak mengerti”, tergantung dari masukkan dari user. Jika pesan dari server sudah dicetak, maka koneksi akan terputus dan program akan berhenti.
Output Program:




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RANGKUMAN POINTER PADA C

Aborsi menurut sudut pandang agama Hindu

Komunikasi Desain Visual